Subscribe:
g

Jumat, 31 Mei 2013

Review Statistik Liga Inggris 2012/2013

thumbnail Alex Livesey/Getty Images
Kompetisi Premier League musim 2012/2013 berakhir dengan diwarnai oleh pensiunnya salah satu tokoh terpenting sepak bola dalam dua dekade terakhir, Sir Alex Ferguson. Namun, sebelum meninggalkan kursi kepelatihan, Ferguson sukses mengantarkan Manchester United merebut gelar juara dengan raihan 89 poin.


The Red Devils terpaut 11 poin dari rival satu kotanya yang duduk di peringkat dua, Manchester City. Bisa dikatakan, dominasi MU di liga ini menjadi penutup yang baik bagi gemilangnya karir kepelatihan Ferguson.

Menemani MU dan Man City adalah dua klub asal London, Chelsea dan Arsenal, yang sukses mendapatkan tiket ke Liga Champions, sementara Tottenham Hotspur tersisih di akhir-akhir musim.

Sementara di ujung tabel klasemen satunya, Wigan, Reading, dan QPR terpaksa harus menerima pil pahit karena terdegradasi. Tempat ketiganya akan diisi oleh Crystal Palace, Hull City, dan Cardiff City yang mendapatkan promosi ke liga terkaya di dunia ini.

Melalui 380 pertandingan di musim ini, tercatat 1.063 gol tercipta -- tiga lebih sedikit dibanding musim sebelumnya. Ini berarti ada 2,80 gol yang tercipta di setiap pertandingannya. Sementara di Eropa, rataan ini hanya kalah oleh Bundesliga yang mencatatkan adanya 2,93 gol per game.

Dari seribu lebih tersebut gol, Robbin Van Persie menyumbang 26 gol dan jadi top skorer. Pemain asal Belanda yang didatangkan MU dari Arsenal ini mengalahkan Luis Suarez (23 gol) dan Gareth Bale (21 gol). Lalu bagaimana dengan statistik lainnya yang terjadi sepanjang musim? Simak grafik di bawah ini.

0 komentar:

Posting Komentar