Subscribe:
g

Kamis, 30 Mei 2013

Oranje Indonesia Siap Sambut Van Persie dkk

Jakarta - Kunjungan timnas Belanda ke Indonesia akan mendapatkan sambutan meriah. Kelompok suporter mereka yang menamakan diri Oranje Indonesia ini sudah menyiapkan sejumlah hal untuk menyambut Robin van Persie dkk.


Berawal dari kumpul bareng dan nonton bersama pertandingan tim nasional Belanda, Oranje Indonesia akhirnya resmi berdiri sebagai sebuah organisasi. Peresmian Oranje Indonesia dilakukan di Jakarta pada Sabtu (25/5/2013) lalu.

"Sama seperti fans klub. Kami senang dengan permainan tim nasional Belanda, lalu sering nonton bareng dan interaksi," ujar Wakil Ketua Oranje Indonesia, Arnan Parulian, saat berbincang dengan detikSport, Kamis (30/5/2013).

"Meski sebelumnya sudah berinteraksi, kami mulai intens sejak Piala Dunia 2010, di mana Belanda lolos sampai final. Awalnya dari situ. Setelahnya berkembang menjadi komunitas. Lalu ada Euro tahun lalu. Kami nonton bareng lagi, ketemu sama-sama. Lalu makin banyak," paparnya.

"Setelah itu, kami memutuskan untuk membentuk wadah komunitas. Kami resmikan kemarin hari Sabtu," katanya.

Menurut Arnan, meski komunitasnya yang saat ini beranggotakan 300 orang menyukai timnas Belanda, itu tidak berarti dukungan untuk timnas Indonesia berkurang. "Ini lebih murni sepakbola. Untuk sebagian besar dari kami, yang membuat suka sepakbola adalah timnas Belanda," jelasnya.

"Kami bukannya mendukung Belanda, tapi mendukung permainannya. Kami suka cara mereka membina pemain. Mereka produktif menghasilkan pemain dan Liga Belanda belum tercemar kapitalis."

Kalau selama ini hanya nonton bareng lewat layar kaca, Oranje Indonesia berkesempatan menyaksikan timnas Belanda secara langsung dalam waktu dekat. Belanda akan bertanding melawan timnas Indonesia di Gelora Bung Karno, 7 Juni mendatang.

Saat Belanda berkunjung ke Indonesia itulah, Oranje Indonesia rencananya akan diresmikan sebagai wadah suporter Belanda oleh Federasi Sepakbola Belanda, KNVB.

Untuk pertandingan Indonesia vs Belanda sendiri, Oranje Indonesia akan menyaksikan secara langsung dan sudah menyiapkan sejumlah atribut khusus. Mereka juga berencana berkumpul di tribune yang sama.

"Kami akan menyiapkan kaus, bendera, banner. Kami juga sosialisasi lewat social media dan mengajak agar menonton di Kelas I Timur, Gate V dan VI. Pendukung timnas Belanda juga akan diarahkan ke sana," kata Arnan.

0 komentar:

Posting Komentar